Thursday, July 26, 2018

Struktur Runtunan

Struktur Runtunan


Untuk kawan kawanku semua, mungkin disini saya tidak akan menjelaskan panjang lebar, intinya saya ingin sharing sedikit ilmu saya ke teman-teman, yaitu tentang koding C++, oh iya disini saya menggunakan kompiler "min gw" atau setara dengan "DEV C++"

STRUKTUR DASAR ALGORTIMA:
A. Sequence Structure (Struktur Runtunan)
B. Selection Structure (Struktur Percabangan)
C. Repetition Structure(Struktur Perulangan)

oke langsung ke contoh kodingnya saja kalo gitu.....


1. Menentukan Luas Persegi Panjang



#include <iostream>
using namespace std;


int main()
{
int p,l,luas;


cout<<"Masukkan Panjang :";cin>>p;
cout<<"Masukkan lebar :";cin>>l;


luas=p*l;


cout<<"Luas persegi panjang adalah :"<<luas;


return 0;
}


2. Konversi Ke detik


#include <iostream>
using namespace std;

int main(){
int jam,menit,detik,hasil;
cout<<"Masukkan Jam :";cin>>jam;
cout<<"Masukkan Menit :";cin>>menit;
cout<<"Masukkan Detik :";cin>>detik;

hasil=(jam*3600)+(menit*60)+(detik);
cout<<"Hasilnya :"<<hasil<<" detik";

return 0;
}



3. Menghitung Luas Segitiga


#include <iostream>
#define phi 3.14
using namespace std;
int main()
{
int r;
float luas_lingkaran;

cout<<"masukkan jari jari lingkaran : "; cin>>r;

luas_lingkaran= phi*r*r;

cout<<"luas lingkaran:"<<luas_lingkaran;

return 0;

}



4. Konversi dari detik ke jam,menit, dan detik


#include <iostream>
using namespace std;

int main()

{
int total_detik, jam, menit, sisa, detik;

cout<<"masukkan detik yang akan diubah :"; cin>>total_detik;

jam =total_detik/3600;
sisa =total_detik%3600;
menit =sisa/60;
detik =sisa%60;

cout<<"hasil konversi detik"<<endl;
cout<<total_detik; cout<<""; cout<<"detik adalah "<<endl;

cout<<jam; cout<<"_jam"<<endl;
cout<<menit; cout<<"_menit" <<endl;
cout<<detik; cout<<"_detik"<<endl;

return 0;
}


5. Menghitung Sisi Miring Pada Segitiga


#include <iostream>
#include <math.h>
using namespace std;
int main()

{
int alas,tinggi,sisi_miring;
cout<<"=======program penghitung sisi miring segitiga======= :"<<endl;
cout<<"===================================================="<<endl;
cout<<"masukkan ukuran alas :"; cin>>alas; cout<<endl;
cout<<"masukkan ukuran tinggi :"; cin>>tinggi; cout<<endl;


sisi_miring=sqrt((alas*alas)+(tinggi*tinggi));

cout<<"jadi panjang sisi miring segitiga tersebut adalah :"<<sisi_miring;
return 0;


}


6. Menghitung Luas dan Keliling Lingkaran


#include <iostream>
using namespace std;
#define phi 3.14

int main()

{

int r;
float luas, keliling;

cout<<"masukkan jari-jari lingkaran :"; cin>>r;

luas=phi * r *r;
keliling=2*phi*r;

cout<<"lingkaran dengan jari-jari :"<<r<<endl; cout<<"mempunyai luas :"<<luas<<endl; cout<<"dan keliling :"<<keliling;

return 0;


}

No comments:

Post a Comment