Struktur Runtunan
Untuk kawan kawanku semua, mungkin disini saya tidak akan menjelaskan panjang lebar, intinya saya ingin sharing sedikit ilmu saya ke teman-teman, yaitu tentang koding C++, oh iya disini saya menggunakan kompiler "min gw" atau setara dengan "DEV C++"
STRUKTUR DASAR ALGORTIMA:
A. Sequence Structure (Struktur Runtunan)
B. Selection Structure (Struktur Percabangan)
C. Repetition Structure(Struktur Perulangan)
oke langsung ke contoh kodingnya saja kalo gitu.....
1. Menentukan Luas Persegi Panjang
#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{
int p,l,luas;
cout<<"Masukkan Panjang :";cin>>p;
cout<<"Masukkan lebar :";cin>>l;
luas=p*l;
cout<<"Luas persegi panjang adalah :"<<luas;
return 0;
}
2. Konversi Ke detik
#include <iostream>
using namespace std;
int main(){
int jam,menit,detik,hasil;
cout<<"Masukkan Jam :";cin>>jam;
cout<<"Masukkan Menit :";cin>>menit;
cout<<"Masukkan Detik :";cin>>detik;
hasil=(jam*3600)+(menit*60)+(detik);
cout<<"Hasilnya :"<<hasil<<" detik";
return 0;
}
3. Menghitung Luas Segitiga
#include <iostream>
#define phi 3.14
using namespace std;
int main()
{
int r;
float luas_lingkaran;
cout<<"masukkan jari jari lingkaran : "; cin>>r;
luas_lingkaran= phi*r*r;
cout<<"luas lingkaran:"<<luas_lingkaran;
return 0;
}
4. Konversi dari detik ke jam,menit, dan detik
#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{
int total_detik, jam, menit, sisa, detik;
cout<<"masukkan detik yang akan diubah :"; cin>>total_detik;
jam =total_detik/3600;
sisa =total_detik%3600;
menit =sisa/60;
detik =sisa%60;
cout<<"hasil konversi detik"<<endl;
cout<<total_detik; cout<<""; cout<<"detik adalah "<<endl;
cout<<jam; cout<<"_jam"<<endl;
cout<<menit; cout<<"_menit" <<endl;
cout<<detik; cout<<"_detik"<<endl;
return 0;
}
5. Menghitung Sisi Miring Pada Segitiga
#include <iostream>
#include <math.h>
using namespace std;
int main()
{
int alas,tinggi,sisi_miring;
cout<<"=======program penghitung sisi miring segitiga======= :"<<endl;
cout<<"===================================================="<<endl;
cout<<"masukkan ukuran alas :"; cin>>alas; cout<<endl;
cout<<"masukkan ukuran tinggi :"; cin>>tinggi; cout<<endl;
sisi_miring=sqrt((alas*alas)+(tinggi*tinggi));
cout<<"jadi panjang sisi miring segitiga tersebut adalah :"<<sisi_miring;
return 0;
}
6. Menghitung Luas dan Keliling Lingkaran
#include <iostream>
using namespace std;
#define phi 3.14
int main()
{
int r;
float luas, keliling;
cout<<"masukkan jari-jari lingkaran :"; cin>>r;
luas=phi * r *r;
keliling=2*phi*r;
cout<<"lingkaran dengan jari-jari :"<<r<<endl; cout<<"mempunyai luas :"<<luas<<endl; cout<<"dan keliling :"<<keliling;
return 0;
}
No comments:
Post a Comment